Minggu, 18 November 2012

Pemerintah Perlu Belajar Dari Diri

P emerintah memiliki 2 fungsi generik yang paling mendasar sebagai wujud keberadaannya didalam sebuah Negara, yakni: fungsi mengatur dan fungsi membangun. Tanpa adanya keteraturan  mustahil pembangunan dapat dilaksanakan untuk mencapai tujuan hakiki ketika negara ini menyatakan kemerdekaannya. Secara jujur harus kita akui bahwa potret bangsa dan negara kita saat ini merupakan realita aktual betapa pemerintahan negara ini setengah hati melakukan fungsinya.

     Mari kita analogikan dengan tubuh kita untuk mempermudah bagaimana seharusnya implementasi kedua fungsi generik tsb. Sejak bayi dikandungan hingga lahir ke dunia Tuhan telah membentuk dan mengatur sedemikian rupa tubuh kita ini sedemikian teratur dan tertatanya sehingga manusia hanya membutuhkan makanan dan minuman saja untuk hidup dan bertumbuh. Yang luar-biasa, sistem dan mekanisme bekerja secara sinergis sehingga tidak ada satu bagianpun dari tubuh ini sekecil apapun dia yang tidak mendapat asupan makanan setepat yang dibutuhkan. Walaupun makanan masuk kedalam tubuh melalui mulut, namun bukan berarti hanya daerah disekitar mulut yang memperoleh porsi terbesar makanan, melainkan sesuai yang dibutuhkan saja. Demikian halnya bagian tubuh yang jauh dari mulut, akan tetap memperoleh makanan sesuai yang dibutuhkan setepat-tepatnya. Ini adalah pelajaran luar-biasa yang dapat menjadi acuan pemerintah dalam mengatur dan membangun bangsa dan negara ini, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk melihat lihat bagaimana negara lain mengatur dan membangun. Ada pepatah bijak Cina Kuno, yang kira-kira berbunyi sbb: “ Orang bijak akan mengetahui segalanya tanpa harus beranjak dari tempatnya

     Berkenaan dengan mengatur dan membangun ini, Pemerintah tidak perlu mendapat penjelasan secara teknis bagaimana sistem tubuh melakukan itu semua. Pemerintah hanya perlu belajar bagaimana tubuh manusia teratur dan tumbuh. Karena pada hakekatnya tubuh manusia adalah miniatur alam semesta. Sistem dan mekanisme dalam tubuh manusia jauh lebih rumit daripada sistem dan mekanisme sebuah negara. Jadi ketika para penyelenggara negara yang duduk dalam pemerintahan mau tahu diri maka negara dan bangsa ini akan dapat menata dan membangun sesuai cita-cita luhur para founding fathers kita. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar